Mau Pasang Iklan, Hub Biro Iklan, Aulia Advertising, Telp 0813 8468 1151
Aulia PROPERTY,MEMASARKAN BALE PERIGI, PURI SINAR PAMULANG, PESONA ALAM CIPUTAT, CLUSTER Tsb Ready Stock Telp 081384681151

Menyelenggarakan Umrah Dan Haji Plus

Menyelenggarakan Umrah Dan Haji Plus
Spesialis cetak/sablon spanduk kain promosi,SPANDUK KAIN Dwitama Advertising Benda Baru, Pamulang, Tangsel Telp, 0856 7386 103, 0813 8468 1151

Sabtu, 22 Februari 2014

Dzikir dan do’a adalah sebaik-baik amalan


Setiap orang ingin mendapat kebaikan dan dijauhkan dari kemudharatan. Namun tidak semua orang sadar dan mau bersungguh-sungguh dalam mencapai keinginan tersebut. Allah SWT telah banyak menjelaskan kunci-kunci kebaikan tersebut dalam wahyuNya maupun lewat kekasihNya baginda Rasul Sholallahu 'Allaihi Wassalaam Kunci kebaikan itu adalah dzikir kepada Allah (dzikrullah).

Dzikir dan do’a adalah sebaik-baik amalan yang mendekatkan diri seorang mukmin kepada Rabbnya, bahkan ia merupakan kunci semua kebaikan yang diinginkan seorang hamba di dunia dan akhirat. Kapan saja yang Alah Subhanahu Wa Ta'ala berikan kunci ini pada seorang hamba maka Allah Subhanahu Wa Ta'ala inginkan ia membukanya dan jika Allah menyesatkannya maka pintu kebaikan tersisa jauh darinya, sehingga hatinya gundah gulana, bingung, pikiran kalut, depresi dan lemah semangat dan keinginannya.

Apabila seorang hamba menjaga dzikir dan do’a serta terus berlindung kepada Allah maka hatinya akan tenang, sebagaiman firman Allah dlm QS. Arra’du :28 : “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah.Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.”

Dalam QS Al-Baqarah: 152 Allah juga berfirman "Karena itu ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat pula kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat-Ku).”

Dzikir terbagi ke dalam dua macam : Dzikir jahr dan dzikir khafi, masing2 keduanya mempunyai pijakan dalil dari al Qur’an dan sunah. Berdzikir dengan lisan bisa dilakukan dengan melafalkan huruf perhuruf secara lantang (bersuara). Karenanya, dzikir jenis ini tidak mudah untuk dipraktekkan setiap saat. Sebab pada saat melakukan jual beli di pasar dan yang sejenisnya sama sekali akan mengganggu seorang yang sedang berdzikir. Dengan demikian, otomatis lisannya akan berhenti berdzikir.

Berbeda halnya dengan dzikir hati, yaitu dzikir dengan mengonsentrasikan diri pada suatu makna (di dalam hati) yang tidak tersusun dari rangkaian huruf dan suara. Karenanya, seorang yang sedang melakukan dzikir jenis ini tidak akan terganggu oleh apapun juga

Allah berfirman dalam QS. al Mujadilah : 22 "Mereka itulah orang-orang yang Allah telah menanamkan keimanan dalam hati mereka" dan dalam QS. al A’raf : 205 "Dan sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu"

Mengapa Allah menganjurkan menyebutNya dalam hati? karena hati adalah wadah. Jika wadah itu penuh dengan kebajikan maka cahaya-cahaya kebajikan (yang ada di dalamnya) akan keluar menyinari anggota-anggota tubuhnya. Jika wadah itu penuh dengan kebathilan, maka kegelapan yang ada di dalamnya akan bertambah ketika sampai pada anggota tubuhnya.

Hati merupakan tempat pengawasan Allah, tempat bersemayam iman, tempat bersumbernya rahasia dan tempat bertenggernya cahaya. Hati yang baik akan mengakibatkan jasad seluruhnya menjadi baik. Begitu juga hati yang buruk akan berdampak menjadikan jasad menjadi buruk.

Nabi bersabda : “Dzikir yang tidak terdengar oleh malaikat pencatat amal (maksudnya dzikir khafi) mengungguli atas dzikir yang dapat didengar oleh mereka (dzikir jahri) sebanyak tujuh puluh kali lipat.” (HR. al Baihaqi)

Khalid bin Ma’dan berkata "Sesungguhnya seorang hamba mempunyai dua mata di wajahnya (mata indra) digunakan untuk melihat fenomena dunia. Selain itu, ia juga memiliki dua mata lagi (mata bathin) yang terletak di dalam hatinya yang digunakan untuk melihat fenomena akhirat. Ketika Allah menginginkan hamba tersebut menjadi orang yang baik, maka dia akan membukakan kedua mata hamba itu yang ada di dalam hatinya. Dengan demikian, kedua mata hatinya itu akan mampu melihat rahasia-rahasia keghaiban yang dijanjikan Allah. Lalu ketika Allah menginginkan (mencintai) hambanya, maka Allah tidak memperdulikan apa yang ada dalam hatinya”

Oleh karena itu jika kita menginginkan menjadi hamba yang diinginkan, dicintai dan diingat oleh Allah, maka senantiasalah mengingatNya (dzikiruLlah) diberbagai hal dan kesempatan, hingga pada akhirnya sampai pada tingkatan setiap tarikan nafas kita senantiasa diiringi dengan dzikiruLlah, hingga Sang Malaikatul maut menjemput kita dan Allah menjadikan akhir hidup kita dengan khusnul khatimah.

Barakallahu Fiikum...
Wassallamuallaikum Warohmatullohi wabarkaatuh